• Selasa, 28 Juni 2022

Mengenal Prabu Tawang Alun, Raja Blambangan Pemilik Petilasan Rowo Bayu yang Diduga Lokasi KKN di Desa Penari

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 15:16 WIB
Mengenal Prabu Tawang Alun, Raja Blambangan Pemilik Petilasan Rowo Bayu yang Diduga Lokasi KKN di Desa Penari (Foto Diambil dari rumah-manis.tumblr.com)
Mengenal Prabu Tawang Alun, Raja Blambangan Pemilik Petilasan Rowo Bayu yang Diduga Lokasi KKN di Desa Penari (Foto Diambil dari rumah-manis.tumblr.com)

SINERGI JATIM - Telaga Rowo Bayu kembali menjadi perbincangan hangat publik nusantara setelah dikaitkan dengan kisah KKN di Desa Penari.

Terlepas dari benar tidaknya Rowo Bayu sebagai lokasi asli KKN di Desa Penari, destinasi wisata di lereng Gunung Raung itu sejatinya adalah petilasan dari Raja Blambangan, Prabu Tawang Alun

Di tempat ini, Prabu Tawang Alun melakukan tapa brata, hingga akhirnya sang prabu melakukan moksa atau membebaskan dirinya dari kehidupan duniawi.

Baca Juga: Dikaitkan dengan KKN di Desa Penari, Rowo Bayu Tempat Bertapa dan Moksa Prabu Tawang Alun

Lantas siapakah sosok Prabu Tawang Alun ini? Bagaimanakah kiprahnya selama memimpin kerajaan Blambangan dulu? Berikut ulasannya.

Dikutip Sinergijatim.com dari berbagai sumber, Prabu Tawang Alun merupakan raja Blambangan yang menjadi cikal bakal dari Kabupaten Banyuwangi.

Di bawah pemerintahannya, rakyat Kerajaan Blambangan hidup dalam kemakmuran. Bahkan, kerajaan di ujung Timur Pulau Jawa ini berada di puncak kecemasannya. 

Baca Juga: 5 Scene dalam Film KKN di Desa Penari Merujuk Kota Banyuwangi

Sayang, pemerintahan Prabu Tawang Alun justru direcoki oleh adik kandungnya sendiri, Wirabrata. Sang adik yang memiliki watak keras berusaha merebut kekuasaan sang kakak.

Halaman:

Editor: Abdul Rozik Fanani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X