• Selasa, 7 Februari 2023

Mengenal Ayam Shamo, Petarung Tangguh dari Jepang

- Kamis, 17 November 2022 | 07:54 WIB
Ilustrasi Ayam Shamo  (Foto : Istimewa)
Ilustrasi Ayam Shamo (Foto : Istimewa)

SINERGI JATIM - Shamo, Ayam Petarung Tangguh dari Jepang, Ayam shamo merupakan ayam petarung yang tangguh dan berasal dari jepang.

Ayam ini akhir-akhir ini menjadi gandrungan masyarakat pecinta ayam seluruh dunia, karena selain ketangguhannya di gelanggang, ayam ini juga memiliki tubuh yang atletis, tinggi dan kekar, layaknya petarung-petarung kelas atas.

Menurut sejarahnya, Ayam shamo jepang berasal dari Thailand. Orang jepang menyebutnya “sham” artinya gajah putih.

Baca Juga: Muncul Di Beranda Google, Ini Sejarah Mangkuk Ayam Jago Yang Jadi Google Doodle

Hal ini memperkuat bahwa ayam ini benar dari Thailand. Ras ayam ini terkenal akan postur yang sangat tegak dan tinggi, jadi tak heran banyak orang yang rela mendatangkan dari Jepang maupun eropa guna dijadikan bahan breeding.

Kepopuleran pada shamo sangat identik dengan Jepang, di sana sudah ratusan tahun dikembangkan secara selektif. Sehingga nampak berbeda daripada nenek moyangnya.

Shamo di Jepang berevolusi dari petarung sportif yang kuat menjadi petarung yang lebih lengkap dengan keanggunan, kecerdasan, dan serangkaian keterampilan khusus untuk mempertahankan kehormatan peternaknya.

Baca Juga: Menilik Spesifikasi Wuling Air EV, Mobil Listrik Terbanyak Pendukung KTT G20 Bali

Shamo Besar (+3kg) di Jepang akhir-akhir ini telah berevolusi menjadi ras yang memiliki bentuk berbeda tergantung pada wilayah dan jenis pertarungannya. Ya, Shamo masih aktif dan legal digunakan di Jepang sebagai ayam aduan.

Halaman:

Editor: Abdul Rozik Fanani

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X