• Rabu, 10 Agustus 2022

Bengawan Solo dulu Mengalir ke Selatan Kini Berbalik ke Utara, Desakan Lempeng Indo-Australia Ini Penyebabnya

- Minggu, 26 Juni 2022 | 13:00 WIB
Bengawan Solo dulu Mengalir ke Selatan Kini Berbalik ke Utara Salah satu Penyebabnya Desakan Lempeng Indo-Australia   (pinterest/gillian sidharta)
Bengawan Solo dulu Mengalir ke Selatan Kini Berbalik ke Utara Salah satu Penyebabnya Desakan Lempeng Indo-Australia (pinterest/gillian sidharta)

SINERGI JATIM - Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa dengan panjang 548,53 km dan mengalir dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Hulu sungainya di Pegunungan Sewu, Wonogiri, Ponorogo dan bermuara di Gresik. Aliran Sungai Bengawan Solo diperkirakan sudah ada sejak empat juta tahun yang lalu.

Bengawan Solo mulanya memiliki aliran yang mengarah ke selatan namun akibat desakan lempeng Indo-Australia turut mempengaruhi proses pengangkatan geologis dan lantas beralih menuju utara.

Baca Juga: Sinopsis Singkat Money Heist Korea, Joint Economic Area Menceritakan Korea Selatan dan Korea Utara Bersatu

Sekitar empat juta tahun silam, lempeng Australia menghujam ke bawah lempeng Eurasia karena massa jenis lempeng Australia lebih berat daripada lempeng Eurasia.

Sehingga, terjadilah zona subduksi atau zona penunjaman. Lempeng Eurasia yang massa jenisnya lebih ringan pun terangkat ke permukaan.

Proses ini membuat pengangkatan daerah laut dangkal yang penuh dengan terumbu karang dan koral.

Baca Juga: 16 Desain Twibbon HANI 2022, Peringati Hari Anti Narkoba Internasional 2022 Dengan Berbagi Twibbon

Daerah inilah yang kemudian membentuk daerah Karst Gunung Sewu yang membentang sepanjang Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Wonogiri hingga Kabupaten Pacitan.

Pengangkatan daerah tektonik inilah yang menyebabkan aliran Sungai Bengawan Solo yang mengarah ke selatan menjadi terbendung dan berubah mengarah ke utara menuju Laut Jawa dengan melewati jalur lipatan Gunung Kendeng dan Rembang.

Halaman:

Editor: Fahrur Rozi Udma

Sumber: Sinergi Jogja

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X