• Sabtu, 1 Oktober 2022

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Siapakah Orang yang Pertama Kali Mendaki Gunung Semeru?

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:42 WIB
Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Siapakah Orang yang Pertama Kali Mendaki Gunung Semeru?  (Youtube/ Mr. Mistik)
Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Siapakah Orang yang Pertama Kali Mendaki Gunung Semeru? (Youtube/ Mr. Mistik)

SINERGI JATIM - Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang menjadi favorit bagi para pendaki. Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut tercatat sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa

Namun tahukah kalian? Pendakian Gunung Semeru ternyata sudah dilakukan oleh manusia sejak ratusan tahun silam lho! Lantas siapakah orang yang menginjakkan kakinya pertama kali di gunung yang berada di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang tersebut?

Menurut catatan sejarah, orang yang pertama kali mendaki Gunung Semeru adalah C.F Clignett dan Winny Brigita pada tahun 1838 silam. Keduanya merupakan ahli geologi berkebangsaan Belanda. 

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Bali yang Gratis, DIjamin Tidak Mengecewakan

Clignett dan Winny Brigita mendaki dari arah barat daya dengan melewati jalur Widodaren. Widodaren sendiri merupakan salah satu gunung yang ada di komplek Semeru dengan ketinggian sekitar 2.650 mdpl. 

Setelah melakukan pendakian Gunung Semeru, Clignett mulai membuat tulisan yang berisikan tentang pendakiannya tersebut. Sehingga secara tidak langsung hal ini membuat nama Gunung Semeru mulai mendunia, terutama di Eropa pada sekitar tahun 1840-an.

Orang selanjutnya yang menyusul langkah C.F.Clignett dan Winny Brigita mendaki Gunung Semeru adalah Franz Wilhem Junghuhn. Ia mendaki Semeru melalui jalur Gunung Ayek-ayek, Gunung Inder-Inder dan Gunung Kepolo.

Baca Juga: Candi Gunung Kawi, Situs Purbakala di Gianyar Bali yang Dijadikan Tempat Wisata

Junghuhn ini merupakan ahli botani yang sangat mungkin melakukan penelitian selama pendakian ke Gunung Semeru tersebut. Junghuhn juga menjadi salah satu orang yang cukup berkontribusi terkait tersebarnya informasi mengenai Semeru di Benua Eropa.

Halaman:

Editor: Abdul Rozik Fanani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekomendasi Wisata Banyuwangi 2022

Selasa, 20 September 2022 | 20:45 WIB

Rekomendasi Kota Wisata Indonesia 2022

Selasa, 20 September 2022 | 20:30 WIB
X