• Selasa, 7 Februari 2023

Geliatkan Ekonomi Warga Melalui Pengembangan Wisata Merak-Baluran

- Jumat, 18 November 2022 | 17:53 WIB
Pengembangan Wisata Merak-Baluran (Young cai-Sinergijatim)
Pengembangan Wisata Merak-Baluran (Young cai-Sinergijatim)

SINERGI JATIM - Ibarat kereta api terus berjalan di atas rel, tidak menunggu siapapun yang tidak perlu ditunggu. Bahkan, sifat kereta api menabrak apapun yang mengahalanginya.

Begitulah kira-kira yang dilakukan oleh Karna Suswandi dan Nyai Khoirani sejak dilantik menjadi Bupati dan Wakil Situbondo pada akhir Februari 2021.

Salah satu, kebijakan Bung Karna (sapaan bupati) mengalokasikan anggaran membuka akses jalan ke Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

Selain sebagai akses warga yang tinggal di kawasan Taman Nasional Baluran, juga sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah setempat dalam pengembangan sejumlah objek wisata pantai.

Baca Juga: Redmi Pad Siap Bersaing di Pasar Tablet Indonesia, Simak Keunggulannya !

Sekitar 1.500 jiwa yang tinggal di Dusun Labuhan Merak itu, kini sudah bisa bernafas legah, karena pembangunan akses jalan sekitar 10 kilometer dari Dusun Sidomulyo ke Labuhan Merak, sudah bisa dinikmati warga dan diperkirakan rampung pada akhir tahun ini (2022).

Sebelumnya, selama kurang lebih 49 tahun, akses jalan hanya bisa dilalui sepeda motor saja.

Bahkan, saat musim hujan sulit dilalui karena berlumpur, sehinga warga menggunakan jalur laut.

Tentunya, pembangunan akses ke wisata Merak-Baluran ini akan timbul dampak berganda.

Karena pengembangan pariwisata akan mampu memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di kawasan wisata itu.

Halaman:

Editor: Fahrur Rozi Udma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X